Aktifitas hari ini seperti biasa diawali Sholat Subuh,, Karena ini hari Jumat, Azzam sudah dikondisikan untuk ikut ayah belajar Sholat Jumat (tapi akirnya gagal karena Azzamnya bobo he he,, InshaAlloh pekan depan ya Zam,,)

Hari ini Azzam masih tetap berinteraksi dengan buku Iqronya dan ditambah mainan (sambil belajar pake kartu,,), Azzam juga belajar Penjumlahan Sederhana. Penjumlahannya manual pake alat bantu hitung benda benda yang Azzam punya (Pinsil warna, Crayon, Penggaris, Pinsil biasa, Rautan dan Hapusan Mc Queen,,) Bunda membuat himpunan Pensil warna Faber Castell 24 buah, Crayon 12 buah, Pensil biasa 2 buah, Rautan 3 buah, Penggaris 4 buah dan Hapusan the Cars series 6 buah.

Azzam belajar berhitung (matematika sederhana) dengan penjumlahan himpunan yang ada,, Misal berapa jumlah himpunan pinsil warna faber castell ditambah himpunan penggaris,,? atau berapa jumlah himpunan Crayon ditambah himpunan Hapusan,,? dll, dsb (namanya belajar sambil main,, ya Azzamnya ngga bosen bosen,,)

Sudah itu Azzam langsung minta membangun,,, (Biasa hobby),, Lagi lagi Azzam membangun pake alat alat bangunan yang disimpan di rak mainannya,, (Yang ini sih aktifitas favorit yang hampir tiap hari dikerjain,,)

Sorenya Azzam diajak ayah makan diluar,, Ayah kepingin makan di Flaminggo katanya,,

Ba’da sholat maghrib, Azzam mulai pegang mobil mobilan, bunda iseng iseng tanya “De, gimana deh cara Bob mindahin Batu Kilang yang berat itu,,?!!”, “Pake kayu gelondongan,,” Kata Azzam, Bunda iseng nanya lagi, “Emang bisa pake kayu, gimana caranya,,?”, “Ya bisa, batu kilangnya dinaikin ke kayu terus didorong sama Muck, terus kayunya yang paling belakang dipindahin kedepan sama Scoop terus sampe deh ke Kincir Air,,, Gituu,,” jawab Azzam (Azzam kemarin nonton Bob dan lihat cara Bob mindahin batu kilang -yang buerat banget ngga bisa diangkat sama alat berat- pake gelondongan kayu yang disusun, terus batu kilang ditaruh diatasnya, didorong,oleh Muck dan kayu yang dibelakang di pindah kedepan -untuk jalannya batu kilang- oleh Scoop),, Wah seru nih,, “De, kayanya sama deh kaya yang di buku Roda,,” kata bunda,,

Jadilah Azzam menenteng nenteng Buku Ensiklopedinya dan menodong minta dibacakan..

Kami membaca Edu Comic (Keluaran BIP) tentang Mobil dan Roda bersama,, Didalamnya diceritakan tentang bagaimana orang memindahkan benda benda berat sebelum ditemukan Roda,, Ya, selain diangkat, dinaikan ke hewan (yang ini tambahan dari bunda),, Akhirnya orang menemukan cara dinaikan ke Kayu Gelondongan,,

Bunda dan Azzam eksperimen sedikit bagaimana cara kerja “kayu gelondongan” dengan alat bantu pinsil warna,,, Beberapa pinsil warna disusun terus diatasnya ditaruh HP terus dijalanin (didorong dan pinsil warna yang dibelakang dipindah kedepan terus jalan,, terus jalan,, begitu terus menerus,,),, Sederhana tapi menyenangkan,,

Sambil eksperimen kami membaca, tentang sejarah Penemuan Roda. Roda pertama kali (di Ciptakan pertama kali di Sumer, wilayah Iraq, 6000 th yang lalu), Orang Mesir Kuno lalu merubah bentuk roda menjadi lebih baik,, (dari yang tidak ada jari jari, hanya kayu bundar, menjadi memiliki jari jari sehingga lebih ringan dan jalannya cepat karena bagian tengahnya kosong, Azzam juga belajar tentang Poros roda, gaya Gesek, Jenis jenis kereta berroda yang dimiliki orang orang Romawi dan Roda yang lebih kuat yang dibuat oleh orang Romawi karena dilapisi baja,,

Kami membaca sampai halaman 16,, (Bukunya sudah pernah dibaca sih,, tapi menyengkan kok,, Besok lanjut lagi ya De,,)

Sudah itu,, bunda yang harus break,, mengurus ayah karena ayahnya ngga begitu sehat hari ini,,, Azzam lanjut main mobil sambil terus ngga berhenti ngoceh cerita sama mobil mobilnya,,,

Well,, keep semangat belajar apaaa aja ya Nak,, karena belajar itu menyenangkan,,,