Azzam sukaaa banget menggambar mobil, hasil gambar mobilnya mungkin udah ratusan lembar. Sering sih ayahnya mendorong supaya azzam mau menggambar objek lain seperti buahan, tanaman, pemandangan, dll, tapi selalu aja ujungnya mobil. Kalo menggambar buahan ya menggambar buah buah yang sedang diangkut pake truk, atau menggambar bunga ya letak bunganya ada di pinggir jalanan yang banyak mobilnya (obsesi film the Cars yang ditonton sebagai film pertamanya mungkin ya…)

Azzam sudah mulai mencoret coret kertas sejak umur 15 bulan dan perkembangan motorik halusnya baik sekali azzam cepat sekali bisa menggambar bentuk lingkaran, kotak. Diusia 2 tahun gambar azzam sudah kelihatan sempurna bentuknya walaupun masih gambar mobil sederhana. Untuk mendukung kesukaanya menggambar,selain dengan kertas gambar biasa kami memfasilitasinya dengan menempel kertas besaaar sekali didinding supaya Azzam bisa menuangkan kegemaran melukisnya tanpa mengotori dinding.

Sebagian kecil gambar mobil yang dipilih dan dirasa adalah “master piece”nya ditempel  didinding. Menempel gambarnya didinding kelihatannya adalah dorongan kuat untuk bisa menghasilkan karya karya baru. Kami memang sedang belajar untuk mengapresiasi kegiatan yang disenanginya dan tidak mematahkan semangatnya.

Kalau Azzam menggambarnya di siang hari sewaktu ayahnya kerja, biasanya dia akan menceritakan proses menggambarnya kembali dengan semangat 45 sesampainya ayah dirumah, dan kalau sudah begini, ayahnya harus ekstra sabar mendengar ceritanya.

Selain menggambar, Azzam juga suka membuat prakarya, dari kertas warna (kertas marmer) yang di gambar  bentuk (yang lagi lagi) mobil Mc Queen dan teman temannya (Dinoco, dll) yang dipotong  dan di tempel dikertas. Prakarya prakarya itu dijejer dan ditempel di tembok juga,,,,

Walaupun gambar gambarnya sudah lebih dari 1 bulan ditempel biasanya kami sering memintanya untuk bercerita kembali tentang gambar gambarnya, apa ide gambarnya atau apa yang mau dia sampaikan lewat gambar. Bisa ditebak, semangatnya luar biasa walaupun susunan kalimat berceritanya belum tersusun rapi. Kami memberinya banyak stimulus untuk Azzam agar bisa bercerita dengan baik dan mengeluarkan ide idenya…

Ahh Home Education memang menarik, kami orang tuanya juga benyak belajar untuk saling mengapresiasi..