Monday, 2/21/2011 10:12:50 AM

Lima tahun yang lalu aku ada dalam fase membayangkan bagaimana harus menempatkan diri sebagai Ibu… bagaimana aku harus mendidik anakku.. dan mengelola pilihanku..

Di titik itu aku sadar bahwa aku harus belajar dan tidak boleh menjadi ibu apa adanya, karena menjadi ibu adalah Anugerah dan bukan hanya sekedar menjalankan “Takdir kodrati”…

Hari ini aku sadar bahwa Alloh membukakan Pintu Pintu belajar  dari segala Arah…

Aku harus mulai menyusun satu persatu tentang apa saja yang mau aku pelajari bersama sama dengan keluarga kecil ku ini, nilai apa yang akan ditanam dan dipupuk agar benar benar terinternalisasi menjadi Nilai Keluarga

Belajar adalah Kesenangan dan bukan  Paksaan,,,

Hari ini dengan meriview apa saja yang sudah dicapai Azzam, aku juga harus meriview apa saja yang sudah aku dan abang capai…

Azzam sudah bisa membaca, sedang giat belajar matematika dan berinteraksi dengan computer, dunia virtual, sedang menghafal dan belajar membaca Al Quran, ditengah kegiatan BELAJAR lain yang dia lakukan (meng organized  kegiatan sehari hari bobo, sholat, maem, mandi, berdoa di setiap kegiatan dan main)

>>Apakah semua sudah dilakukan dengan Tanpa Paksaan…?

Mengajarkan Hakikat Belajar bukan Doktrinasi,,,

Ada nilai nilai yang harus terus dipupuk, pertama  yang melandasi semua hal adalah keinginan untuk dicintai dan di pelihara Alloh, dari nilai itulah maka akan lahir nilai-nilai belajar yang lainnya…

Sholat, berdoa , membaca Quran, menghafal Quran adalah karena kita membutuhkan untuk dicintai dan dipelihara Alloh bukan karena kita diharuskan maka ketika Nilai ini tertanam, kita akan melakukannya dengan Ringan..

Belajar pelajaran apapun hakikatnya adalah karena kita ingin menjadi baik didunia dan di akhirat dan itupun agar kita dicintai dan dipelihara Alloh bukan semata mata karena “tuntutan supaya bisa berhasil” atau “kebanggan didunia”,  maka ketika nilai ini kembali tertanam kita akan belajar apapun dengan ringan…

Memberi Stimulus bukan Mentargetkan Hasil,,,

Kuncinya adalah mencintai apa adanya dan ini berlaku umum buat Azzam, Abang termasuk Aku. Jika yang ingin ditanam adalah kecintaan terhadap belajar, maka proses belajar adalah hal terpenting yang harus dihargai…

Setiap diri kita membawa rizki kebaikan dari Alloh maka prosesnya adalah Drawing Out bukan Pouring In, oleh karena itu setiap Stimulasi harus didasari cinta bukan mentargetkan hasil…

Nilai ini harus terus di pupuk supaya kita bisa tumbuh dan berkembang bersama dan bisa belajar dengan bahagia