Multiple Intelligences : 4. Kecerdasan Gerak Tubuh,,

Kecerdasan Gerak Tubuh

Adalah kemampuan anak mengontrol gerakan , keseimbangan, ketangkasan, dan keanggunan dalam bergerak. Anak anak dengan kecerdasan gerak tubuh yang tinggi adalah anak anak yang senang bergerak.  Seringkali anak anak ini tidak dapat duduk diam. Mereka perlu dan senang menyentuh sesuatu. Dengan cara inilah anak anak ini mengenal dunia,  mereka mengeksplorasi dunia dengan otot ototnya.

Dalam bergerak, anak anak dengan kecerdasan gerak tubuh ini memliki koordinasi yang baik. Mereka cenderung tangkas dan cepat. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kontrol tubuh yang baik. Mereka adalah tipe pembelajar yang mengandalkan tangan dan kaki. Itu sebabnya mereka memiliki keterampilan motorik kasar dan halus yang baik..

Sikecil dengan kecerdasan ini senang mengerjakan pekerjaan tangan seperti menggunting atau memperbaiki sesuatu misal mencoba memperbaiki mainannya.

Kecerdasan gerak tubuh erat kaitannya dengan perkembangan keterampilan motorik anak.

Elisabeth B Hurlock dalam Child development (diambil dari fotocopian bahan kuliah Psikologi jaman bunda kuliah duluuu) menyebutkan bahwa, perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinasi antara susunan syaraf, otak, spinal cord dan otot.

Tahap Perkembangan Keterampilan Motorik Anak

Usia

Motorik Kasar

Motorik Halus

1 – 2 tahun

  • Merangkak cepat dengan tangan dan lututnya
  • Berdiri pada usia 9 – 12 bulan, dan sesekali terlihat bimbang dengan langkahnya. Berjalan sendiri pada usia 15 bulan dan mulai berlari pada usia 2 tahun.
  • Dapat menjaga keseimbanngan selama berjalan dengan satu kaki pada sebuah papan yang lebar
  • Menghindari jatuh dengan duduk secara cepat
  • Merangkak menaiki tangga, pada usia 16 bulan berjalan naik dengan melangkah selangkah selangkah (meletakkan kedua kaki dalam tiap langkahnya)
  • Memanjat keatas kursi dan duduk diatasnya
  • Mendorong dan menarik benda besar seperti boks mainannya. Membawa mainan besar
  • Berhenti dari berjalannya utntuk mengambil maian yang terletak dilantai, tanpa kehilangan keseimbangan
  • Merespons musik secara ritmis dengan menggerakkan tubuhnya
  • Menjatuhkan bola kedalam keranjang
  • Menendang bola dengan berjalan, belum dapat mengayunkan kaki untuk menendangnya.
  • Mengambil benda kecil dengan menjumput
  • Mengeluarkan benda kecil dari cangkir
  • Membalik dua atau tiga halaman buku sekaligus
  • Memukul dua sendok bersamaan
  • Menyusun sedikit balok dalam membuat menara
  • Mencoret secara acak pada usia 12 bulan, dan semakin memperlihatkan kemajuan pada tahun kedua
  • Suka makan dengan menggunakan jarinya, minum dari cangkir
  • Pada usia 2 tahun menggenggam dua benda dalam satu tangan
  • Mencuci tangan dan mukanya sendiri, terkadang juga menyisir rambutnya
  • Mampu mengupas buah pisang
2 – 3 tahun
  • Melompat (hopping) ditempat
  • Meloncat (jumping)
  • Berlari dengan baik, mulai dan mengakhirinya dengan mudah
  • Dapat berjalan mundur 1,5m – 3,5m dalam garis lurus
  • Menendang bola dengan ayunan kaki yang kuat
  • Dengan penuh percaya diri memanjat dan menuruni tangga untuk melihat melalui jendela
  • Saat berbaring dapat kembali pada posisi berdiri tanpa bantuan (misal menarik diri dengan batuan kursi, kaki atau bantuan lain)
  • Dapat berdiri dengan satu kaki secara seimbang dalam waktu yang cukup
  • Dapat menaiki kotak tanpa bantuan
  • Dapat mengayuh sepeda roda tiga pada usia 2,5 tahun
  • Sudah mulai dapat meniru gerakan sholat
  • Secara konsisten senang menggunakan satu tangan untuk kebanyakan aktivitas
  • Mengikuti contoh orang dewasa, menggambar kurva, garis horizontal dan vertikal
  • Dapat membuka pintu dengan menggenggam gagang pintu
  • Pada usia 3 tahun, mampu membangun menara dengan ketinggian 10 blok atau lebih dan menyerupai bentuk
  • Menggunakan sendok saat makan dengan baik dan mulai belajar menggunakan garpu
  • Melepas baju sendiri dan mulai menggunakan baju sendiri
  • Melipat kertas
  • Melai menggunting walaupun belum mampu menggunting lurus
  • Mulai belajar menyikat giginya
  • Mulai mengguyurkan air kebadannya
  • Sudah mulai belajar berwudhu
3 – 4 tahun
  • Berdiri dengan kedua tumit bersamaan, lengan disamping tanpa kehilangan keseimbangan
  • Berjalan lurus kedepan dengan luwes
  • Berjalan mundur dengan melihat kebelakang
  • Naik turun tangga dengan lebih baik
  • Melompat dengan satu kaki, dan mulai menunjukan kesukaan pada satu kaki dibanding lainnya
  • Jumping (meloncat)
  • Berdiri dengan satu kaki dengan seimbang sampai  5 detik
  • Dapat berjalan diatas papan, dengan satu kaki berada didepan yang lainnya
  • Melempar bola dengan overhand 1,8m – 3,5m dan menggunakan kekuatan bahu dan siku saat melempar
  • Dapat menangkap bola besar dengan merapatkan kedua lengan didepan badan
  • Mengikuti gerakan sederhana seperti bediri, membungkuk
  • Melakukan gerakan sholat dengan cukup baik (gerakan takbir, ruku, sujud dan duduk)
  • Dapat menggambar lingkaran walaupun masih kasar
  • Dapat membangun piramida yang terdiri dari 6 blok (susunan)
  • Lebih efisien dalam menggunakan garpu
  • Pada usia 3 tahun, sudah mampu melepaskan kancing baju yang terletak didepan
  • Melepaskan ikat pinggang pada usia 3,5 tahun
  • Dapat mengambil objek kecil dengan capitan
  • Mampu menggunakan gunting untuk membagi kertas menjadi dua bagian
  • Menyusun puzzle sederhana
  • Menempel menggambar dan mewarnai
  • Menyikat giginya sendiri meskipun belum terlalu luwes
  • Belajar menyabuni badannya
  • Belajar berwudhu dengan tertib

 

4 – 5 tahun
  • Berjalan lurus pada satu garis
  • Berjalan mundur tanpa melihat kebelakang
  • Berjalan menuruni tangga dengan menggunakan dua kaki secara bergantian pada setiap langkahnya dengan langkah yang lebih cepat
  • Menangkap bola dengan siku membengkok
  • Melempar bola (overhand) dengan jarak 3,5m atau lebih
  • Membawa secangkir air sambil berjalan, tanpa menumpahkannya
  • Memanjat tangga tangga yang ada ditaman bermain
  • Semakin baik dalam melakukan gerakan sholat (terutama duduk diantara dua sujud dan duduk tahiyat)
  • Ibu jari dapat menyentuh ujung jari lainnya, bergantian
  • Menggunakan serutan pensil
  • Dapat menyatukan kertas dengan menggunakan klip kertas
  • Dapat melipat kertas vertikal, horisontal dan diagonal
  • Menggunakan sendok garpu saat makan dengan semakin bergaya
  • Menggunting garis lurus
  • Menempel dan menggambar semakin luwes
  • Menggambar figur manusia seperti tongkat, dengan kepala, mata, kaki kemudian lambat laun menambahkannya dengan rambut dan jari
  • Mewarnai ditempat yang ditentukan
  • Mengenakan pakaian sudah benar benar mandiri
  • Lebih luwes dalam menyikat gigi
  • Belajar melipat kaosnya sendiri
  • Mengambil benda benda kecil dikotak
  • Dapat mengambil 2 atau 3 buah benda sekaligus (membawa piring dan gelas makannya sendiri)
  • Dapat membuka halaman halaman buku dengan jarinya dan tidak lecak atau sobek
  • Semakin tertib dalam berwudhu
5 – 6  tahun
  • Berdiri dengan satu kaki selama 10 detik atau lebih
  • Dapat menyentuhkan jari tangan ke ujung kaki tanpa membengkokkan lutut (cium lutut)
  • Berlari dengan cepat dan jarang jatuh (lari jarak pendek 27,5m sekitar 10 detik)
  • Melompat mundur
  • Dapat mengayunkan satu kaki saat berdiri, tanpa kehilangan keseimbangan
  • Berdiri berjinjit dengan seimbang
  • Bergerak sesuai instruksi
  • Melempar bola kearah yang ditetapkan
  • Menyepak (kicking) bola kearah yang ditentukan
  • Menangkap dan melempar bola dengan cepat
  • Melakukan gerakan berpindah dengan zig-zag
  • Berlari dengan gerakan seimbang dan dapat berhenti tiba tiba
  • Melompat untuk menjangkau benda keatas atau kedepan
  • Mengayuh sepeda dengan cepat.
  • Menggunting bujursangkar (persegi)
  • Menempel, menggambar dan mewarnai dengan lebih tersusun
  • Menyusun puzzle dengan bentuk yang kompleks
  • Memasukkan kertas yang sudah dilipat keamplop
  • Membuka dan memakai baju hangat (sweater) mandiri
  • Mengoleskan selai pada roti tawar untuk makannya sendiri
  • Memotong makanan yang mudah dipotong dengan pisau
  • Mengikat tali atau simpul sederhana
  • Mengancingkan baju tanpa bercermin
  • Memasukkan kertas yang telah berlubang pada ring binder
  • Menyikat gigi dengan semakin baik
  • Menyabuni badan dan membersihkan rambut dengan semakin luwes

Kegiatan kegiatan yang dapat menstimulasi kecerdasan gerak tubuh (yang ini ditulis berdasarkan apa yang pernah dipelajari dan apa yang sering dilakukan bersama Azzam)

  • Latihan Fisik

Untuk stimulasi motorik kasar bisa dengan permaihan lompat tali, dengan cara mengikatkan ujung ujung tali pada dua kursi  atau permainan lompat karet seperti yang sering bunda mainin duluuuu,,

Atau permainan lempar bola ke gelas plastik yang disusun seperti piramida, mainan bowling sederhana dengan gelas plastik bekas (yang ngga perlu beli he he,,) Azzam berlatih menumpuk gelasnya juga berlatih melempar bolanya.

Atau permainan memasukkan bola kedalam keranjang plastik,, kalo ngga ada keranjang plastik, pake kardus bekas juga bisa,, (pokoknya pake barang barang yang mudah ditemui dan ngga mengeluarkan banyak biaya) atau pinjam baskom kecil punya bunda,,,

Melatih fisik juga bisa sambil main lempar bantal,, biasanya kalo ini plus gelut sama Ayah,, Selain mbrantakin tempat tidur, Azzam juga berlatih membereskan kamar tidur, membantu bunda menyapu tempat tidur, menyulaki meja kursi dan sekarang sedang coba coba menyapu lantai. Azzam juga ikut membantu bunda meletakkan sendok sendok yang selesai dicuci ke rak piring.

Azzam juga sudah bisa melakukan gerakan sholat dengan cukup tertib (hanya posisi kaki ketika duduk yang masih harus diperbaiki)

Atau mungkin bisa juga dengan bermain ditaman bermain, main ayunan, perosotan, jungkat jungkit, permainan panjat memanjat,,

Azzam juga suka ikut ayah memancing,, he he,, cerita memancingnya ada di  fishing-day/.

  • Berbagai Olahraga

Banyak sekali olahraga yang dapat dilakukan bersama sama,, mulai dari melakukan gerakan senam sederhana (yang disesuaikan dengan usia si kecil), sampai yang paling sangat disukai Azzam (dan anak laki laki pada umumnya) yaitu sepak bolaaa,,, (dengan bermacam macam bentuk bola). Azzam suka main bola pakai bola sepak takraw (bola rotan), tapi karena belum bisa melakukan gerakan sepak takraw ya bolanya tetap disepak seperti bola kaki,,

Bisa juga dengan bermain bulutangkis, tenis atau renang,, Atau juga bisa mengikutkan anak dengan latihan beladiri, seperti pencak silat, taekwondo, atau wushu,,

  • Physical Gesture (Gerak Tangan)

Latihan gerak tangan ini dapat dilakukan sambil melakukan kegiatan sehari hari dirumah yang disesuaikan dengan usia sekecil. Kegiatan yang biasanya Azzam lakukan di dalam rumah untuk melatih motoriknya mulai dari membantu ayah bunda di dapur misalnya membantu mengupas telur puyuh rebus, membantu mengaduk adonan bakwan jagung, perkedel atau mengaduk adonan pancake ala ayah, atau memotong sayuran (belum menggunakan pisau sih,, baru misalnya memotek daun kangkung,,)

Azzam juga suka membantu bunda melipat pakaian yang sudah kering tapi belum mau disetrika. Azzam juga sudah mulai melipat sendiri selimutnya walaupun bentuknya masih acak acakan,

Atau yang sering dilakukan ayah dan Azzam, bermain bayangan jari, tangan atau badan (karena kami disini, di Banjarmasin seriiiing sekali mati lampu,, he he,,)

Azzam dan ayah juga suka membuat piramida dari tutup botol plastik bekas aqua botol atau botol minuman plastik yang lain (piramidanya sudah lumayan tinggi untuk ukuran usia Azzam lho,, 6 – 7 tingkat – karena memang tutup botolnya juga banyak he he,,) sesudah piramidanya berdiri, Azzam merubuhkannya dengan cara menyentilkan tutup botol lain kearah piramida (seperti bermain kelereng) dan Azzam juga suka bermain kelereng

Azzam juga sukaa sekali memasukkan mainannya kedalam kardus kardus kecil kemudian dia keluarkan lagi. Azzam juga suka sekali membongkar (katanya memperbaiki) mainannya,, Azzam juga suka main dengan mainan keseimbangannya (mainan yang dibuatkan ayah yang bisa ditaruh diujung jari) seperti ini  mainan-keseimbangan/

Azzam bermain melipat kertas menjadi perahu (walaupun masih belum benar lipatannya) atau menjadi pesawat terbang ala Azzam

Azzam juga belajar merangkai rangkaian elektrik untuk anak anak, Kid Inventor (keluaran Readboy),, Karena sambungannya menggunakan kancing jepret yang besar jadi Azzam juga berlatih motorik halusnya sambil mengasah logika matematikanya,, Ceritanya ada di kesetrum-mainan-elektrik/

Selain itu juga ada permainan sederhana menggunakan jari yang bisa dilakukan (tanpa biaya sama sekali) yaitu mainan “gam-suit” (permainan menentukan siapa yang menang jaman duluuuu tuh,,) atau main “ayam ayaman” (permainan menundukan jempol mainan ayah bunda jaman duluu juga),, jadul ya mainannya,,? Biarin deh yang penting bisa melatih gerak dan keluwesan jari,,,he he,,

O iya,, Azzam juga sudah bisa mengupil (membersihkan kotoran hidung) he he,, dengan jari sendiri, dan membersihkan sisa makanan yang terasa menyangkut dipinggir gigi (tapi kalo yang disela sela gigi masih susah),, Azzam juga sudah mulai bisa membuang cairan hidungnya kalau pilek dengan tissu,, he he,, Hmm hal sederhana tetapi ternyata perlu latihan karena memang berkaitan dengan gerak motorik halus,, Dan kadang kadang keterampilan yang dianggap tidak ada artinya ternyata bisa menjadi stimulasi untuk perkembangan kecerdasan gerak tubuh,,

Beberapa minggu terakhir ini Azzam juga berlatih menyikat sepatunya sendiri,, Selain melatih ketrampilan motoriknya, Azzam juga berlatih mandiri.

  • Bermain Peran

Ini bisa dengan apaaa saja,, Mengikuti peran yang disukai anak,, Azzam itu kebetulan suka pretend jadi pemadam kebakaran,, jadi sambil Azzam cerita Azzam main dengan berpura pura memadamkan kebakaran menggunakan alat alat yang dia punya (selangnya dari gulungan kertas atau pake kemoceng bunda he he,,)

  • Menari

Kegiatan ini mungkin memang jarang dilakukan Azzam, tapi namanya anak anak, hampir semua anak tertarik menggerakkan badan deh kalau mendengar musik,, termasuk Azzam. Azzam suka ikut memetik gitar ketika Ayahnya main gitar (ini kecerdasan musikal mungkin ya,,,) tapi secara tidak sadar jari jari Azzam ikut berlatih loh,, Azzam juga suka pukul memukul benda benda yang bisa mengeluarkan bunyi bunyian,,

  • Pantomim

Kami juga melakukan permainan tebak gerak (mungkin bukan pantomim yang sebenarnya ya,,) misalnya Azzam memperagakan sebuah gerakan hewan, lalu bunda menebak hewan apa itu,, (Azzam paling suka menirukan kodokkk,, lompat lompat,,)

Alhamdulillah,, bertambah satu lagi

To be continued,,,, Part 5. Kecerdasan Musikal,,

About these ads

4 thoughts on “Multiple Intelligences : 4. Kecerdasan Gerak Tubuh,,

  1. salam kenal bunda… terima kasih tulisan tentang multiple intelligences nya… boleh kah saya contek untuk di tulis kembali di blog saya? makasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s